Memetakan Kemampuan Diri



Sering banget gak sih insecure saat melihat prestasi orang lain? Apalagi yang dilihat orang yang usianya lebih muda.

Dulu, saya pun sering kali seperti itu. Tetapi, setelah saya menyadari jika kelebihan setiap orang berbeda, saya terus menggali kelebihan-kelebihan yang ada di diri saya.

Memperbanyak Aktivitas

Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan memperbanyak aktivitas. Saya sendiri menggali aktivitas yang membuat saya bahagia.

Aktivitas aktivitas yang saya lakukan ini, kemudian saya kelompokkan, mana aktivitas yang saya bisa dan mana yang kurang saya kuasai. Cara ini membuat saya menjadi lebih paham, meski demikian saya pun menggali lagi aktivitas tersebut yang akan ditekuni dan tentunya bisa menghasilkan.

Proses ini bukanlah hal yang mudah. Terlebih karena aktivitas lain juga penting untuk dilakukan dan waktu dalam sehari juga tidak bertambah. 

Talent Mapping

Hal lain yang saya lakukan adalah dengan mencoba assessment talent mapping gratis dengan ST30. Dulu memang saat sekolah pernah tes psikologi untuk mengetahui minat dan bakat. Tapi sekarang saya mencoba kembali untuk mengetahui minat yang sekarang.



Nah, ternyata dari hasil ST30 ini jika saya sendiri cenderung memiliki kekuatan sebagai arranger, communicator, creator, educator, journalist, dan selector. Selain itu, saya juga memiliki kelemahan di bagian headman dan technical.

Dengan adanya pemetaan dari hasil ST30 ini membuat saya lebih mudah dalam memilah kegiatan yang akan saya tekuni. Selain itu, saya juga lebih paham kemampuan dalam diri saya untuk lebih mengasahnya kembali, tanpa harus menyepelekan yang ada dalam diri saya.

Semua Orang Pemenangnya

Meski sering insecure dengan kemampuan orang lain, tapi saya yakin jika dalam diri saya memiliki kelebihan yang harus terus diasah. Meski hingga sekarang saya masih terus menggalinya, saya tetap menikmati prosesnya.

Saya yakin semua orang akan sukses dengan kelebihan yang dimilikinya masing-masing sesuai apa yang sudah diberikan olehNya. Terus semangat semuanya.... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Insecure, Jauh-Jauh deh....

Menolong Tanpa Merendahkan